Our Blog post image goes here

Perkembangan metode penelitian saat ini mengarah pada penelitian yang lebih komprehensif dan tidak berhenti pada pilihan pendekatan kuantitatif dan kualitatif saja. Kedua pendekatan penelitian tersebut cenderung saling melengkapi, sehingga  metode pendekatan mengarah pada pendekatan campuran atau mixmethod. Namun demikian masih banyak para pakar yang sangat ketat dengan menentukan penelitian hanya dengan satu pendekatan dan tidak perlu dilakukan metode campuran.

Dalam rangka meningkatkan mutu dosen dalam penelitian dan pembimbingan kepada mahasiswa, Program Studi  Magister Agribisnis FP-UPNYK mengikuti kegiatan Sekolah Penelitian Indonesia yang diselenggarakan oleh Beeru Institute  untuk mengikuti pelatihan Metodologi Penelitian Kualitatif & Analisis Data Kualitatif demgan Atlas.ti. Pemateri dalam platihan tersebut adalah Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd.(Pembina Beeru Institute & Peraih 3 Rekor Muri Bidang Motode Penelitian) dan Dr. Ade Rusman, S.Pt., MM. (Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Kegiatan diselenggarakan melalui media Zoom Meeting pada Minggu, 12 September 2021 jam 09.00-12.00 WIB dengan Metode Penelitian Kualitatif dan dilanjutkan Minggu, 26 September 2021 jam 08.00-12.00 WIB dengan materi Analisis Data Kualitatif dengan Atlas.ti. Atlas.ti merupakan software yang telah diasosiasikan dengan berbagai pendekatan ilmiah kualitatif.  Dalam proses analisis kualitatif tersebut, Atlas.ti membantu peneliti menjelajahi berbagai fenomena yang bersifat kompleks dan tersembunyi dalam data hasil penelitian.

Ikut dalam kegiatan tersebut Dr. Ir. Siti Hamidah, MP., Dr. Ir. Nanik Dara Senjawati, MP., Dr. Ir. Budi Widayanto, M.Si.,  Dr. Dwi Aulia Puspitaningrum, MP., dan Dr. Wulandari Dwi Etika Rini, SP, MP. (bwid-27/09/2021)