Our Blog post image goes here

 

Hampir selama bulan Juni dan Juli 2023, dosen MA secara aktif memberikan motivasi, penyuluhan, membagi pengetahuan kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani dan kelompok wanita tani (KWT) yang terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, serta generasi milenial dalam rangka Bimtek Hortikultura dan Perkebunan. Kegiatan Bimtek merupakan kegiatan  kerjasama teknis antara Dinas Pertanian Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman dengan PS Magister Agribisnis. Kegiatan meliputi bimbingan teknis agribisnis dan teknologi budidaya cabai, anggrek, aglonema yang diorientasikan pada pengembangan wilayah Sleman. Kegiatan Bimtek diharapkan dapat memacu munculnya semangat berwirausaha, kebiasaan menanam tanaman yang bernilai ekonomi dan meningkatnya ketrampilan petani pada kegiatan untuk Membangun Bisnis Kawasan berbasis komoditas.

Pilihan membangun kawasan bisnis dengan basis komoditas sangat tepat, hal ini sesuai dengan perkembangan bisnis yang berubah dari bisnis degeneratif menuju regeneratif (Reed, 2007 & Fullerton, 2015). Dukungan pengembanan bisnis harus didukung  dengan menciptakan ekosistem bnisnisnya, di mana pengertian bisnis merupakan sekumpulan usaha dengan hubungan yang saling melengkapi dan sinergis yang membangun kemitraan strategis untuk memberikan nilai bagi pengguna akhir atau pelanggan. Mitra strategis ini dapat saling melengkapi dengan cara yang berbeda apakah itu dengan secara langsung memasok produk satu sama lain, atau untuk menggabungkan produk atau layanan untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar, atau menemukan saluran yang lebih baik untuk mencapai target atau pasar yang lebih besar. Kombinasi ini semuanya membangun apa yang kami sebut 'ekosistem bisnis'.

Dosen yang terlibat adalah Siti Hamidah, Budi Widayanto, Wulandari DER, Nanik Dara S., Eko Murdiyanto, Dwi Aulia P, Heni Handri U, Sri Kuning Retno Dewandini, Ali Hasyim Al Rosyid, dan dari Dosen  Agroteknologi (Heti Herrastuti dan Arif Umami). [bwid-12/7/2023]