Our Blog post image goes here

Dalam rangka meningkatkan mutu dosen, MA FPUPNYK bekerja sama dengan Lokal Media Training Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pelatihan System Dinamik. Kegiatan berlangsung selama 2 hari (20-21 Desember 29022) secara daring dan luring serta jam tambahan untuk Latihan mandiri. Pelatihan dilaksanakan dengan pelatih Bapak  Agus Mansur, S.T., M.Eng.Sc. dari Jurusan Teknik Industri dibantu  para asisten dari Laboratorium Pemodelan Dan Simulasi Industri UII.

Dalam pelatihan diberikan teori tentang model dan pemahaman program system dinamik seri DYNAMICS Powersim Studio 9 dan dilanjutkan dengan praktek dengan berbagai kasus dalam dunis pertanian. Sistem dinamik merupakan Model Sistem Dinamis adalah sebuah sistem yang menjelaskan perilaku dari berbagai tindakan dalam sebagian sistem. Selain dikatakan sebagai sistem tertutup, sistem dinamis juga merupakan sistem umpan balik. Terdapat dua macam umpan balik, yaitu umpan balik positif dan umpan balik negatif. Sistem ini Model sistem dinamik adalah sangat diperlukan untuk memahami perilaku sebuah sistem baik dalam rangkaian terbuka (open-loop, respon alamiah) maupun perilaku sistem dalam rangkaian umpan balik (closed-loop, respon sistem terkontrol).

Kegiatan berlangsung sangat menyenangkan dan interaktif dengan focus membuat pemodelan pada studi kasus  produksi sawit pada perkebunan kelapa sawit. Kajian yang dilakukan selama 2 hari ternyata belum cukup untuk memahami program system dinamik, sehingga para peserta yang terdiri dari: Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Para Koordinator Prodi serta pada dosen senior dan dosen muda di Jurusan Agribisnis harus belajar mandiri untuk memahami lebih dalam.

Selamat bertemu pada pelatihan yang akan dating [b_wid-22-12-2022]