Our Blog post image goes here

Ditengah kesibukan sebagai ASN di Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan saudara Wawan Setiyo Tjahjono berhasil menyelesaikan Studi Magisternya setelah dinyatakan lulus pada Sidang Ujian Tesis dengan predikat Sangat Memuaskan. Wawan Setiyo Tjahjono menulis tesis dengan judul Sinergi Pemerintah dan Masyarakat Dalam Pengelolaan Wisata di Kawasan Hutan Lindung (Studi Kasus Wisata Bukit Pengger Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta) yang dibimbing oleh Dr. Eko Murdiyanto, SP., M.SI. dan Dr. Ir. Budi Widayanto, M.Si.  Ujian dilaksanakan melalui daring dengan penguji  Dr. Eko Murdiyanto, SP., M.SI., Dr. Ir. Budi Widayanto, M.Si., Dr. Ir. Nanik Dara Senjawati, MP. dan Dr. Dwi Aulia Puspitaningrum, SP., MP.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi pemerintah dan masyarakat  dalam pengelolaan wisata di kawasan hutan lindung dengan mekanisme kerjasama didasari oleh nilai-nilai kearifan lokal berupa musyawarah dan gotong royong. Sinergi pemerintah dan masyarakat dengan kerjasama pengelolaan wisata di kawasan hutan lindung menjadikan Kelompok Tani Pinus Sari Blok Terong sebagai Pengelola Wisata Bukit Pengger mengerti dan memahami peran serta pemerintah dan masyarakat serta dapat melaksanakan pengelolaan wisata di kawasan hutan lindung dengan mekanisme kerjasama dan. Pengelola Wisata Bukit Pengger mampu melaksanakan proses manajemen dalam pengelolaan wisata di kawasan hutan lindung dengan mekanisme kerjasama dengan musyawarah dan gotong royong yang ditunjukkan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Persoalan yang perlu diantisipasi adalah dinamika perubahan kebutuhan dan kepentingan dari keberadaan hutan lindung di masa yang aka datang.

Dengan telah selesainya studi di Magister Agribisnis FP-UPNYK, Wawan Setiyo Tjahyono berhak menyandang  gelar Magister Manajemen Agribisnis (MMA). Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat diimplementasikan pada tugas-tugasnya dan menjadi insan yang lebih bijak dalam mengambil keputusan-keputusan. (BW-11 Sept 2021)